Ilmu Sosial & Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar identik dengan Basic Humanities Humanities berasal dari kata latin Human yang berarti manusiawi, yang berbudaya dan berbudi halus ( refined) diharap seseorang mempelajari Basic Humanities tidaklah sama dengan the humanities ( pengetahuan budaya ) yang menyangkut keahlian filsafat dan seni : seni pahat, seni tari dll. Melainkan teori budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan : (norma , adat, saling menghormati, saling menghargai, intuisi, sikap ) dll.


Ilmu Sosial Dasar adalah sebagai organisasi pengetahuan tentang pokok masalah sosial , tidak merupakan penggabungan beberapa ilmu sosial ( siswanto 1988) Fakta sosial merupakan abstraksi kejadian sosial yang konkrit yang dinyatakan dengan pernyataan diskriptif ( Koentjoronigrat 1971).


Masalah pada Sosial Budaya Dasar
Masalah budaya adalah segala sistem atau tata nilai atau sikap mental, pola pikir, pola tingkah laku dalam berbagai aspek kehidupan yang tidak memuaskan bagi masyarakat secara keseluruhan, atau dapat dikatakan bahwa masalah budaya adalah tata nilai yang daat menimbulkan krisis-krisis kemasayrakatan yang akan menyebabkan “ dehumanisasi “ atau terjadi pengurungan terhadap seseorang.


Pokok-pokok Substansi Kajian Kelompok Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) memiliki substansi kajian sebagai berikut :
1. Pengantar ISBD
2. Manusia Sebagai Makhluk Budaya
3. Manusia Sebagai Individu dan Makhluk Sosial
4. Manusia dan Peradaban
5 .Manusia, Keragaman dan Kesetaraan
6. Manusia, Nilai, Moral dan Hukum
7. Manusia, Sains, Teknologi dan Seni
8. Manusia dan Lingkungan


Sumber :
https://v-class.gunadarma.ac.id/pluginfile.php/383414/mod_resource/content/1/01%20ISBD.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Making Indonesia Revolution 4.0

Perkembangan Alat Pertanian di Zaman Modern

Analisa Aplikasi New Media