Perkembangan Alat Pertanian di Zaman Modern



 Teknologi merupakan suatu alat untuk mempermudah kehidupan manusia, teknologi merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, yang di ciptakan oleh tangan manusia untuk menciptakan kemakmuran dan kemudahan bagi manusia. Perubahan teknologi dari zaman ke zaman berkembang dengan sangat pesat, hal ini disadari dengan adanya era modern dalam bidang pertanian.

 Awal modernisasi ini masuk dalam dunia pertanian, banyak teknologi modern yang muncul dan membawa beberapa teknologi mesin pertanian modern. Dan dari modernisasi ini menimbulkan perubahan teknologi dalam pertanian. Sebelumnya para petani memakai alat tradisional yang masih sederhana, dengan adanya alat teknologi modern ini para petani mulai beralih untuk memakai teknologi canggih tersebut. 

 Dari  perubahan tersebut menuntut petani untuk menggunakan alat tersebut, supaya mereka tidak tertinggal akan perubahan zaman dari setiap tahunnya. Banyak sekali mesin-mesin dari luar yang dibuat guna untuk memudahkan para petani dalam menggarap sawah. 

 Dengan ini para petani Indonesia bisa merasakan kecanggihan dari alat tersebut. Dari alat mesin pompa air yang memudahkan para petani dalam proses pengairan sawah, mesin traktor yang digunakan para petani dalam proses pembajakan sawah, sehingga petani tidak perlu lagi menggunakan kerbau dalam pembajakan sawah danadanya mesin tleser yang memudahkan petani dalam proses pengambilan padi.



https://jatengprov.go.id/wp-content/uploads/2018/04/116.jpg


https://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/600x350-2/1398443500.jpg






Source :
https://www.kompasiana.com/ummimaulidatul/5c7f311baeebe13cb317ca82/teknologi-vs-budaya-indonesia
https://www.kompasiana.com/anjarwati/5d0ba8ab0d82301363006a82/modernisasi-dan-perubahan-sosial-petani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Making Indonesia Revolution 4.0

Analisa Aplikasi New Media